Recent Posts

Minggu, 13 November 2016

Profil Timnas Malaysia

Timnas Malaysia adalah salah satu tim yang kerap difavoritkan untuk menjadi juara di setiap penyelenggaraan Piala AFF. Tak terkecuali, pada Piala AFF 2016 yang akan berlangsung pada 19 November-17 Desember nanti.
Tergabung di grup B, Malaysia akan menghadapi tuan rumah Myanmar, Vietnam, dan juara kualifikasi Kamboja. Hanya saja dalam persiapannya menuju Piala AFF 2016, tim berjulukan Harimau Malaysia ini mengalami beberapa kendala non-teknis. 
Mulai dari secara mengejutkannya empat pemain andalan yang berasal dari klub Johor Darul Ta'zim memilih untuk pensiun dini, hingga adanya konflik antara klub dan Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM). Setidaknya, kondisi ini cukup mengganggu stabilitas tim yang diarsiteki Ong Kim Swee tersebut.

Memang, selama masa persiapan, Malaysia mendapatkan hasil yang kurang memuaskan dalam berbagai uji coba yang mereka lakukan. Mulai dari tur Oseania yang hanya meraih satu kemenangan atas New Caledonia (2-1), imbang dengan Fiji (1-1), kalah dari Papua Nugini (2-0). 
Setelah itu, mereka takluk dengan skor telak 3-0 dari Indonesia, serta dua kali imbang dengan Singapura (0-0) dan Afghanistan (1-1). Teranyar, mereka hanya menang tipis 4-3 atas timnas Malaysia U-22, 11 November lalu. Sebelum berlaga di Piala AFF, skuat asuhan Baddrol Bakhtiar dan kawan-kawan akan beruji coba sekali lagi melawan Papua Nugini kembali di Stadion Shah Alam, 14 November nanti.
Tentunya, rangkaian hasil uji coba itu membuat publik sepakbola Malaysia meragukan timnya bisa kembali minimal menembus partai final seperti Piala AFF 2014. Dari evaluasi yang dilakukan usai uji coba terakhir melawan Malaysia U-22, pelatih Ong Kim Swee pun menilai timnya masih butuh banyak perbaikan di sisa waktu yang ada.
"Cara kami bermain masih belum memuaskan. Kita tahu, kebiasaan apabila pasukan U-22 atau U-23 melawan pasukan senior, mereka akan beri perlawanan cukup sengit dan ini bagus karena kami memerlukan intensitas seperti ini apabila beraksi di peringkat yang lebih tinggi," kata Kim Swee, seperti dikutip laman resmi FAM.
Tapi, Malaysia dikenal sebagai salah satu tim yang baru mulai "panas" ketika turnamen sesungguhnya berlangsung. Itu terbukti saat penyelenggaraan Piala AFF 2014 lalu, di mana sebelumnya mereka tak begitu diperhitungkan namun mampu lolos hingga ke partai final.

Pelatih: Ong Kim Swee
Ong Kim Swee bisa dibilang salah satu pelatih muda yang cukup berprestasi di Malaysia. Mengawali karier kepelatihan di Malaka, serta mulai menuai prestasi ketika membawa Harimau Muda menjuarai Malaysia Premier League pada musim 2009.
Karier pelatih berusia 45 tahun ini pun semakin melesat saat membawa Malaysia U-23 meraih medali emas SEA Games 2011 di Jakarta. Ketika itu, di partai final Malaysia menaklukkan Indonesia lewat babak adu penalti. Prestasinya dilanjutkan dengan membawa Malaysia U-23 di Turnamen Merdeka pada 2013. 
Pelatih yang semasa masih aktif bermain berposisi sebagai gelandang ini pun akhirnya mendapatkan kepercayaan untuk menukangi timnas senior Malaysia pada 2015 lalu. Itu setelah, pelatih sebelumnya Dollah Salleh memilih mundur. 
Tugas berat diemban Kim Swee pada Piala AFF 2016. Tentunya bukan hal mudah baginya untuk membawa Malaysia minimal berprestasi sama dengan Piala AFF 2014. Meski, mereka menjadi salah satu tim yang difavoritkan untuk lolos ke semi-final dari grup B yang juga dihuni Vietnam, Myanmar, dan Kamboja.

Pemain bintang: Baddrol Bakhtiar
Baddrol adalah gelandang berpengalaman yang dimiliki timnas Malaysia saat ini. Dia dikenal memiliki ketenangan dalam mengolah bola, serta pintar dalam mencari celah untuk memberikan umpan-umpan memanjakan bagi lini depan tim.
Baddrol pun sempat mencicipi trial bersama klub Chelsea pada 2009 lalu, ketika penampilan apiknya saat membela Malaysia U-19 mampu mencuri perhatian staf pelatih klub asal London, Inggris tersebut.
Pemain berusia 28 tahun ini menjadi kapten tim saat membawa Malaysia meraih medali emas SEA Games 2011 Jakarta. Kini, dia mendapatkan kepercayaan untuk menjadi komandan di lini tengah tim Harimau Malaysia pada Piala AFF 2016. Pengalaman dan kematangannya dalam bermain diharapkan mampu menjaga keseimbangan permainan skuat asuhan Ong Kim Swee itu pada Piala AFF nanti.
Pemain Kedah FA ini juga kerap menjadi pemecah kebuntuan tim, meski posisinya sebagai seorang gelandang. Tercatat, dia sudah mencetak enam gol dari 44 caps bersama timnas senior Malaysia. 
Prakiraan Starting XI
Khairul Fahmi Che Mat; Matthew Davies, Shahrom Kalam, Fadhli Shas, Ahmad Khuzaimi Piee; Shahrul Saad, Baddrol Bakhtiar, Syazwan Zainon; Mohd Amri Yahyah, Darren Lok, Norshahrul Idlan Talaha

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html