PENGERTIAN KELOMPOK MENURUT BEBERAPA PARA AHLI:
1. Menurut Homans (1950).
Kelompok
adalah sejumlah individu berkomunikasi satu dengan yang lain, dalam
jangka waktu tertentu yang jumlahnya tidak terlalu banyak.
2. Menurut Merton.
Kelompok merupakan sekelompok orang yang saling berinteraksi, sesuai dengan pola yang telah mapan.
3. Menurut Achmad S. Ruky.
Kelompok
adalah sejumlah orang yang berhubungan (berinteraksi) antara satu dan
yang lainnya. Yang secara psikologis, sadar akan kehadiran yang lain dan
yang menganggap, diri mereka sebagai suatu kelompok.
4. Menurut Muzafer Sherif.
Kelompok
adalah kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih individu ,yang telah
mengadakan interaksi sosial yang cukup intensif dan teratur.
5. Menurut De Vito (1997).
Kelompok merupakan, sekumpulan individu yang cukup kecil bagi semua anggota untuk berkomunikasi secara relatif mudah.
Karakteristik Kelompok:
Beberapa ahli mengatakan bahwa dalam suatu kelompok terdapat ciri – ciri, yaitu:
1). Terdiri dari 2 orang atau lebih.
2). Adanya interaksi yang terus menerus.
3). Adanya pengembangan identitas kelompok.
4). Adanya norma – norma kelompok.
5). Adanya diferensiasi peran.
6). Peran yang saling tergantung.
7). Produktivitas bertambah atau meningkat.
B. Tahapan Pembentukan Kelompok
Model
pembentukan suatu kelompok, pertama kali diajukan oleh Bruce Tackman
(1965). Teori ini dikenal sebagai salah satu teori pembentukan kelompok
yang terbaik, dan menghasilkan banyak ide-ide lain setelah kosep ini
dicetuskan.
- Tahap 1 - Forming.
Pada tahap ini kelompok baru saja dibentuk dan diberikan tugas.
- Tahap 2 - Storming.
Kelompok mulai mengembangkan ide-ide berhubungan dengan tugas-tugas yang mereka hadapi.
- Tahap 3 - Norming.
Terdapat kesepakatan, dan konsensus antara anggota kelompok.
- Tahap 4 - Performing.
Kelompok dalam tahap ini dapat menyelesaikan, pekerjaan dengan lancar dan efektif tanpa ada konflik yang tidak perlu.
- Tahap 5 - Adjourning dan Transforming.
Tahap
dimana proyek berakhi,r dan kelompok membubarkan diri. Kelompok bisa
saja kembali pada tahap mana pun, ketika mereka mengalami perubahan.
C. Kekuatan Team Work
Teamwork
atau kerja sama tim merupakan bentuk kerja kelompok ,yang bertujuan
untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya. Harus disadari
bahwa teamwork merupakan peleburan berbagai pribadi, yang menjadi satu
pribadi untuk mencpai tujuan bersama.
Berikut poin-poin teamwork yang baik:
1). Teamwork adalah kerjasama dalam tim yang dibentuk dari beragam divisi dan kepentingan.
2). Sama-sama bekerja bukanlah teamwork, itu adalah kerja individual.
3). Filosofi teamwork: ‘saya mengerjakan apa yang anda tidak bisa dan Anda mengerjakan apa yang saya tidak bisa.
4). Ketika berada dalam teamwork, segala ego pribadi, sektoral, deparmen harus disingkirkan.
5). Dalam teamwork yang dikejar untuk dicapai adalah target bersama, bukan individual.
6). Keragaman individu dalam teamwork memang sebuah nilai plus namun bisa menjadi minus jika tidak ada saling pengertian.
7). Saling pengertian terhadap karakter masing-masing anggota team akan menjadi modal sukses bersama.
8). Jika setiap orang bekerjasama via bidang masing-masing, target korporasi pasti akan segera terealisasi.
9). Individu yang egois mengejar target pribadi akan menghambat keberhasilan team.
10). Keahlian masing-masing sungguh menjadi anugerah dalam teamwork yang akan mempercepat proses pencapaian target.
11). Kendalikan ego dan emosi saat bersama agar pergesekan tidak berujung pada pemboikotan kerjasama.
12). Dengan pemahaman yang tinggi soal karakter individu dalam team, realisasi target tidak perlu waktu yang lama.
13). Ingatlah selalu bahwa: ‘teamwork makes the dream work’.
D. Implikasi Manajerial
Menurut
kamus besar Bahasa Indonesia, kata Implikasi berarti akibat. Kata
Implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya
yang dibahas saat ini adalah manajerial atau manajemen.
Dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu:
1. Implikasi prosedural.
2.
implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan cara
analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi
kebijakan dan perumusan tindakan.
Kesimpulannya
Kelompok atau team merupakan sekumpulan individu yang cukup kecil,
dimana untuk berkomunikasi lebih mudah. Para anggota saling berhubungan
satu sama lain, dengan beberapa tujuan yang sama dan memiliki semacam
organisasi atau struktur diantara mereka.
0 komentar:
Posting Komentar