Recent Posts

Minggu, 13 November 2016

Biografi Amr bin Ash

'Amr bin Ash lahir pada tahun 573 - 6 Januari 664. Adalah seorang komandan militer islam yang paling terkenal karena memimpin penaklukan Muslim Mesir pada 640. Sebuah kontemporer Muhammad, dan salah satu Sahaba ("sahabat"), yang bangkit dengan cepat melalui hirarki Muslim setelah ia masuk Islam dalam 8 tahun AH (629). Ia mendirikan ibukota Mesir Fustat, dan membangun Masjid Amr bin al-As di pusatnya , masjid pertama di Afrika. 

Pada awalnya Beliau pernah mengambil bagian dalam peperangan menetang Nabi Muhammad SAW dan kaum Muslim. Ia masuk Islam bersama Khalid bin Walid. Enam bulan setelah masuk Islam, beliau bersama Rasulullah SAW menaklukan Mekkah dalam peristiwa Fathul Mekkah. Ia adalah panglima perang yang bijak dalam mengatur strategi perang.

Beliau adalah panglima perang yang menaklukan Baitul Maqdis dan Mesir dari cengkraman Romawi. Ia kemudian dilantik sebagai gubernur Mesir oleh Umar bin Khattab, tetapi kemudian dipecat oleh Khalifah Usman bin Affan. Selanjutnya Muawiyah bin Abu Sufyan melantik kembali beliau menjadi gubernur Mesir. Panglima Amru mengerahkan tentara yang al-Quran menjujung diujung tombak, ia menggunakan cara ini dalam pertempuran dengan Ali bin Abi Thalib agar Ali bin Abi Thalib menghentikan serangan. 


BIOGRAFI KEHIDUPAN AMR BIN ASH 

Kehidupan awal

Amr milik Bani Sahm klan dari Quraisy. Dengan asumsi dia lebih dari sembilan puluh tahun ketika ia meninggal, ia dilahirkan sebelum 573.

Dia adalah anak dari Layla binti Harmalah alias "Al-Nabighah". Sebelum karir militernya, Amr adalah seorang pedagang, yang telah menemani kafilah sepanjang rute perdagangan komersial melalui Asia dan Timur Tengah, termasuk Mesir. Amr bin ul Aas lahir di Mekkah, Saudi dan meninggal di Mesir. Dia adalah seorang pria, cerdas sangat cerdas yang berasal dari bangsawan Quraisy tersebut. Dia berjuang dengan Quraisy terhadap Islam dalam beberapa pertempuran. Dia pergi untuk melawan Muslim ketika ia melihat mereka berdoa dengan nabi, dia sangat tertarik dan mencoba mencari tahu lebih banyak tentang Islam. Dia bertekad memusuhi Islam. Sebenarnya dia Quraisy utusan kepada Negus, penguasa Abyssinia. Begitu ia masuk Islam dengan Khalid bin al-Walid, ia menjadi komandan besar perang demi Islam. Amr bin ul aas masjid, masjid pertama di Afrika, dibangun di bawah perlindungan Amr bin ul aas. Dia datang ke Mesir sebagai panglima tertinggi pasukan Arab di 640 AD.

Kehidupan Amr Era Nabi Muhammad Rasulullah

Seperti para kepala suku Quraisy lain, dia menentang Islam di awal hari. Amr mengepalai delegasi bahwa Quraisy yang dikirim ke Abyssinia untuk membujuk penguasa, ama bin Abjar (mungkin Armah), untuk berpaling umat Islam dari negaranya. Namun misinya gagal dan penguasa Abyssinia menolak untuk mengembalikan kaum muslimin yang hijrah ke Abyssinia. Setelah migrasi Muhammad ke Madinah Amr mengambil bagian dalam semua pertempuran yang Quraish berperang melawan Muslim.

Amr bin al Ash menikah dengan Ummu Kultsum binti Uqba tetapi ia bercerai ketika ia memeluk Islam. Di perusahaan Khalid bin al-Walid, ia naik dari Mekkah ke Madinah di mana keduanya masuk Islam. Dia mencari jalan yang benar ke Madinah dan ia menjadi Muslim. Abu Bakar, Umar dan Abu Ubaidah bin Al Jarrah menjabat di bawah Amr bin al ash dalam kampanye Dzat as-Salasil dan telah menawarkan doa-doa mereka di belakangnya selama beberapa minggu. Saat itu,  Amr bin al-ash s adalah kepala mereka tidak hanya sebagai tentara tetapi juga sebagai pemimpin dalam pelayanan keagamaan. 

Amr dikirim oleh Muhammad untuk Oman dan memainkan peran kunci dalam konversi para pemimpin bangsa itu, Jayfar dan 'ABB ad bin Al-Juland. Ia kemudian menjadi gubernur wilayah tersebut sampai lama setelah kematian Muhammad.

Di bawah Kekhalifahan Abu Bakar dan Umar

Amr dikirim oleh Khalifah Abu Bakar dengan pasukan Arab di Palestina setelah kematian Muhammad. Hal ini diyakini bahwa ia memainkan peran penting dalam penaklukan Arab dari wilayah itu, dan dia diketahui telah berada di pertempuran Ajnadayn dan Yarmouk serta pengepungan Damaskus.

Masjid Amr bin al-As di zaman modern Kairo

Setelah sukses selama Bizantium di Syria, Amr disarankan untuk Umar bahwa ia berbaris di Mesir, Umar yang disepakati.

Invasi yang sebenarnya dimulai menjelang akhir 640, seperti Amr menyeberangi Semenanjung Sinai dengan 3,500-4,000 men.He dilaporkan telah merayakan hari raya pilgrimaga di Arish pada 10 Dzul Hij A. H 18 atau 12 Desember 640. Setelah mengambil kota-kota yang berkubu kecil Pelusium (Arab: Al-Farama) dan memukul kembali serangan mendadak Bizantium dekat Bilbeis, Amr menuju ke Benteng Babel (di wilayah modern Koptik Kairo). Setelah beberapa pertempuran kecil selatan daerah itu, Amr berbaris menuju utara Heliopolis, dengan 12.000 bala bantuan orang pria yang tiba pada tanggal 6 Juni 640 mencapai dia dari Suriah, melawan pasukan Bizantium di Mesir, di bawah Theodore Trithyrius. Kemenangan Arab yang dihasilkan pada Pertempuran Heliopolis membawa jatuhnya banyak negara. Pertempuran Heliopolis diselesaikan cukup cepat, meskipun Benteng Babel bertahan pengepungan beberapa bulan, dan ibukota Bizantium dari Alexandria, yang pernah menjadi ibukota Mesir selama seribu tahun, menyerahkan diri beberapa bulan setelah itu. Sebuah perjanjian damai ditandatangani di 641-an, di reruntuhan sebuah istana di Memphis. Meskipun singkat kembali penaklukan oleh pasukan Bizantium di 645 yang dipukuli di Pertempuran Nikiou, negara tetap tegas di tangan Arab.

Membutuhkan modal baru, Amr mengusulkan agar mereka mengatur pemerintahan, di kota besar dan lengkap dari Alexandria, di tepi barat di Delta Nil. Namun, Khalifah Umar menolak dan mengatakan bahwa dia tidak ingin modal untuk lepas dari dia dengan badan air. Jadi dalam 641 Amr mendirikan sebuah kota baru di sisi timur Sungai Nil, yang berpusat di tenda sendiri yang berada di dekat Benteng Babel. Amr juga mendirikan sebuah masjid di pusat kota barunya 鈥 攊 t adalah masjid pertama di Mesir, yang juga membuat mesjid pertama di benua Afrika. Masjid Amr (Masjid Amr bin al-As) masih ada hari ini di Kairo Lama, meskipun telah banyak dibangun kembali selama berabad-abad, dan tidak ada yang tersisa dari struktur aslinya. Salah satu sudut masjid berisi makam putranya, Abd Allah ibn 'Amr bin al-' As.

Meskipun sebagian orang Mesir tidak mendukung pasukan Bizantium selama penaklukan Arab, beberapa desa mulai mengorganisir melawan penjajah baru. Setelah pertempuran Nikkiou pada 13 Mei 641, pasukan Arab setelah mengalahkan pasukan Bizantium, menghancurkan desa-desa Mesir banyak pada perjalanan mereka ke Alexandria sebagai Delta memberontak melawan penjajah baru. Perlawanan Mesir tampaknya telah desa dengan desa tanpa perintah terpadu dan karena itu gagal.

Setelah pendiri Fustat, Amr kemudian dipanggil kembali ke ibukota (yang, pada saat itu, pindah dari Madinah ke Damaskus) di mana ia menjadi penasihat dekat Muawiyah itu.

Muhammad berkata kepada Amir "bahwa ketika Anda menaklukkan Mesir bersikap baik kepada rakyatnya karena mereka sanak dan kerabat". 

KONFLIK INTERNAL ALI DAN MUAWIYAH 

Setelah penaklukan militernya, Amr adalah pemain penting dalam konflik internal dalam Islam. Amr awalnya pendukung kekhalifahan Ali, tetapi kemudian beralih ke sisi Muawiyah. Dia meninggal selama pemerintahan Muawiyah itu.

Setelah pembunuhan Utsman bin Affan dan perseteruan antara pendukung Ali dan pendukung Muawiyah sebagai penerus, Amr mewakili Muawiyah dalam arbitrase dibandingkan dengan Abu Musa Ashaari yang mewakili Ali.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html