Recent Posts

Rabu, 02 November 2016

Metode dalam Menghafal Qur'an



Langkah-Langkah Dalam Menghafalkan Al-Qur’an
Agar memperlancar dalam menghafal, ada beberapa langkah yang harus diambil sebelum memulai menghafal Al-Qur’an:
Memiliki Guru yang Membimbing Proses Menghafal
Dengan adanya seorang guru, maka kesalahan-kesalahan dapat diperbaiki olehnya. Jika bingung kemana harus menyetorkan hafalan, gurulah tempatnya.
Bacaan Al-Qur’an Harus Lancar
Ini kunci utama untuk bisa menghafal Al-Qur’an, dengan lancar dalam membaca Al-Qur’an, maka akan terasa ringan selama menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an. Dengan begitu menghafal akan terasa mudah dijalankan.
Niat yang Ikhlas dan Sabar
Ikhlas adalah kunci mendapatkan ridho dari Allah SWT dalam menghafal Al-Qur’an. Ayat-ayat Al-Qur’an merupakan firmannya, dan dialah yang memberi anugerah kepada setiap orang yang memiliki niat tulus menghafal Al-Qur’an. Kesabaran harus tertanam dalam hati setiap orang yang menghafal Al-Qur’an, karena terkadang terasa sulit dalam menghafal, maka kesabaranlah kunci utama. Semoga Allah SWT selalu membimbing kita ke jalannya yang benar.
Jangan Lupa Membaca Basmallah
Sebagai pembuka dalam membaca Al-Qur’an, hendaknya membaca Basmallah terlebih dahulu agar selalu dalam naungan rahmat Allah SWT. Bismillah merupakan sebuah ucapan yang menandakan bahwa pekerjaan itu juga merupakan karunia dari Allah SWT.
Bersuci terlebih Dahulu
Ayat-ayat Al-Qur’an merupakan kalimat yang suci, ada lebih baiknya jika bersuci terlebih dahulu sebelum memegang mushaf dan membacanya. Jika sudah suci, maka hati pun juga akan menjadi suci sehingga akan memudahkan dalam menghafalkan Al-Qur’an.
Sebaiknya Menghadap Ke Kiblat
Dengan menghadap ke kiblat, layaknya sedang sholat maka akan lebih khusyuk dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an.
Memakai Pakaian yang Menutup Aurat
Sepantasnya selama menghafal Al-Qur’an untuk menutup aurat sebagai tanda penghormatan kepada Allah SWT dan ayat-ayatnya.
Baca lagi...


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html